Beberapa Spesies Dari Kelas Aves

Rhea americana
Deskripsi :
Rhea adalah burung besar yang tidak dapat terbang yang memiliki kaki dan leher panjang, dan berwarna abu-abu kecokelatan. Burung ini bisa mencapai tinggi lima kaki (1.7 m). Tidak seperti burung lainnya, jari kaki rhea hanya berjumlah tiga, namun ini dapat membuat mereka berlari lebih leluasa. Rhea adalah omnivora, umumnya daun pepohonan, namun rhea juga memakan biji, akar, buah, serangga, vertebrata kecil, dan bangkai binatang. Burung ini berasal dari Amerika Selatan. Saat ini hanya ada dua spesies: Rhea Amerika dan Rhea Darwin. Nama genus rhea diberikan oleh Paul Mohring pada tahun 1752.
Klasifikasi  :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Struthioniformes, Famili : Rheidae, Genus : Rhea, Spesies :  Rhea Americana.

Archaeopteryx sp
Deskripsi :
Archaeopteryx adalah jenis burung paling awal dan primitif yang diketahui. Binatang ini hidup pada Periode Jura sekitar 155–150 juta tahun lalu yang saat ini dikenal sebagai wilayah Jerman bagian selatan. Dalam Bahasa Jerman, Archaeopteryx dikenal sebagai Urvogel, sebuah kata yang berarti “burung yang asli” atau “burung pertama”. Burung ini sudah hampir menjadi legenda karena sudah jarang ditemui burung ini dihabitatnya, Burung ini juga hampir sudah tidak kelihatan lagi.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Archaeopterygiformes, Famili : Archaeopterygidae, Genus : Archaeoptryx, Spesies : Archaeoptryx sp.
Corvus corax
Deskripsi :
Common Raven (Corvus corax) atau gagak biasa, berbulu hitam. Common Raven dewasa ukurannya antara 56 dan 69 cm dengan rentangan sayap 115 sampai 130 cm.  beratnya 0,69 kg sampai 1,63 kg dan termasuk anggota Oscines terberat. Paruhnya besar dan agak berlekuk, memiliki ekor agak panjang dan kuat, kebanyakan bulunya berwarna gelap dengan mata yang cokelat tua. Jangka waktu hidup Common Raven di alam liar bisa  lebih singkat, 10-15 tahun.  
Klasifikasi  :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Passeriformes, Famili : Corvidae, Genus : Corvus, Spesies : C. Corax.

Corvus crassirostris
Deskripsi :
Thick-Billed Raven (Corvus crassirostris), atau yang bisa disebut gagak berparuh tebal, adalah corvidae dari Afrika. Sama seperti gagak biasa atau common raven, burung ini juga menjadi salah satu anggota yang terbesar dengan ukuran 60-64 cm dan berat 1,5 kg dan menjadi anggota terbesar dari anggota ordo Passeriformes. Memiliki paruh yang sangat besar dan sangat melengkung yang memberikan ciri khas pada burung tersebut. 
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Passeriformes, Famili : Corvidae, Genus : Corvus, Species : C. Crassirostris.

Cyanolyca nana
Deskripsi : 
Dwarf Jay (Cyanolyca nana) adalah salah satu species dari family corvidae. Merupakan burung kecil dengan ukuran 20-23 cm, ramping dan gesit. Berwarna kebiruan dengan warna hitam dibagian wajahnya, dengan tenggorokan yang keputih-putihan. Kebanyakan ditemukan di pohon cemara.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Passeriformes, Famili : Corvidae, Genus : Cyanolyca, Species : C. Nana. 

Meleagris ocellata
Deskripsi
Kalkun atau ayam kalkun adalah sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris. Kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan kalkun jantan. Sewaktu berada di alam bebas. kalkun mudah dikenali dari rentang sayapnya yang mencapai 1,5-1,8 meter.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Galliformes, Famili : Phasianidae, Genus : Meleagris, Species : M. ocellata
Merak
Deskripsi : 
Merak adalah tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan (pheasant), Phasianidae. Burung jantannya memiliki bulu ekor yang indah yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Galliformes, Famili : Phasianidae, Genus : Pavo, Afropavo, Species : P. Muticus.

Maleo
Deskripsi : 
Maleo (Macrocephalon maleo) memiliki bulu berwarna hitam, kulit sekitar mata berwarna kuning, iris mata merah kecoklatan, kaki abu-abu, paruh jingga dan bulu sisi bawah berwarna merah-muda keputihan. Di atas kepalanya terdapat tanduk atau jambul keras berwarna hitam. Biasanya betina berukuran lebih kecil dan berwarna
lebih kelam dibanding burung jantan.
Klasifikasi :
Kerajaan : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Galliformes, Famili   : egapodiidae, Genus : Macrocephalon, Spesies : Macrocephalon maleo.
Ayam hutan
Deskripsi :
Ayam hutan adalah nama umum bagi jenis-jenis ayam liar yang hidup di hutan. Jantan dengan betina berbeda bentuk tubuh, warna dan ukurannya (dimorfisme seksual, sexual dimorphism). Ayam hutan jantan memiliki bulu yang berwarna-warni dan indah, berbeda dengan ayam betinanya yang cenderung berwarna monoton dan kusam.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Galliformes, Famili : Phasianidae, Genus : Gallus, Species : Gallus sonneratii.

Kuau Raja
Deskripsi :
Kuau Raja mempunyai bulu berwarna coklat kemerahan dan kulit kepala berwarna biru. Di atas kepalanya terdapat jambul dan bulu tengkuk berwarna kehitaman. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan, panjangnya sekitar 75cm, dengan jambul kepala berwarna kecoklatan. Bulu ekor dan sayap betina tidak sepanjang burung jantan, dan hanya dihiasi dengan sedikit oceli.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Galliformes, Famili : Phasianidae, Genus : Argusianus, Species : Argus.

Moa raksasa
Deskripsi : 
Moa raksasa (Dinornis) adalah genus burung ratite yang sudah punah yang masuk kedalam famili moa. Spesies ini endemik terhadap Selandia Baru.  Dinornis merupakan salah satu burung terbesar yang pernah hidup. Burung ini memiliki tinggi 3 m dan berat 300 kg. Sayapnya berwarna coklat kemerahan dan seperti rambut, dan menutupi hampir seluruh tubuh kecuali bagian bawah kaki dan kebanyakan kepala. Kakinya besar dan kuat, dan burung ini memiliki leher panjang yang membuat mereka dapat mencapai tanaman tinggi.
Klasifikasi :
Kerajaan : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Struthioniformes, Famili :  Dinornithidae, Genus : Dinornis, Spesies : D. Giganteus.

Kasuari
Deskripsi :
Casuarius adalah salah satu dari dua genus burung di dalam suku Casuariidae. Daerah sebaran ketiga spesies ini adalah di hutan tropis dan pegunungan di pulau Irian. Kasuari diperlengkapi tanduk di atas kepalanya, yang membantu burung ini sewaktu berjalan di habitatnya di hutan yang lebat. Selain tanduk dikepalanya, kasuari mempunyai kaki yang sangat kuat dan berkuku tajam. Burung kasuari betina biasanya berukuran lebih besar dan berwarna lebih terang daripada jantan.
Klasifikasi :
Kerajaan : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Struthioniformes, Famili :     Casuariidae, Genus : Casuarius, Spesies : Casuarius bennetti.

Kasuari-gelambir ganda
Deskripsi : 
Kasuari Gelambir-ganda atau dalam nama nya Casuarius casuarius adalah salah satu burung dari tiga spesies Kasuari. Burung dewasa berukuran besar, dengan ketinggian mencapai 170cm, dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan kaku. Kulit lehernya berwarna biru dan terdapat dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya. Di atas kepalanya terdapat tanduk yang tinggi berwarna kecoklatan. Burung betina serupa dengan burung jantan, dan biasanya berukuran lebih besar dan lebih dominan. Burung Kasuari mempunyai kaki yang besar dan kuat dengan tiga buah jari pada masing-masing kakinya.
Klasifikasi :
Kerajaan : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Struthioniformes, Famili : Casuariidae, Genus : Casuarius, Spesies : C. Casuarius.

Kiwi
Deskripsi :
Kiwi adalah spesies lain dari burung tidak dapat terbang yang endemik di Selandia Baru dari genus Apteryx (satu-satunya genus dalam famili Apterygidae). Dalam ukurannya yang seperti ayam domestik, kiwi adalah ratite hidup yang paing kecil. Seluruh spesies kiwi adalah spesies terancam. Kiwi juga merupakan simbol nasional Selandia Baru.
Klasifikasi  :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Apterygiformes, Famili : Apterygidae, Genus : Apteryx, Spesies : Apteryx australis

Elang haast
Deskripsi :
Elang Haast (Harpagornis moorei), adalah salah elang raksasa yang sekarang telah punah dan dulunya hidup di Pulau Selatan, Selandia Baru. Binatang ini juga dikenal sebagai Elang Harpagornis yang merupakan elang terbesar yang pernah hidup. Binatang ini dipercaya oleh suku Māori dengan menyebut Pouakai; nama yang sering dipakai Hokioi (atau hakawai) yang mengacu pada angkasa yang dihiasi Berkik Selandia Baru — yang secara rinci, subspesies Pulau Selatan yang telah punah.
Klasifikasi :
Kerajaan : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Falconiformes, Famili : Accipitridae, Genus : Harpagornis, Spesies : H. Moorei.

Burung Perkutut
Deskripsi :
Perkutut adalah ciri khas kelas aves yang tidak dimiliki oleh vertebrata lain. Hampir seluruh tubuh aves ditutupi oleh bulu, burung perkutut ini bertubuh kecil, panjangnya berkisar antara 20-25 cm, kepalanya membulat kecil, berwarna abu-abu, paruhnya panjang dan meruning dengan berwarna biru keabu-abuan, matanya bulat dengan iris berwarna abu-abu kebiruan.Bulunya bersayap melintang berwarna coklat, dan jari-jarinya berguna untuk bertengger.
Klasifikasi :
Kingdom :  Animalia, Filum :  Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Colombioformes, Famili : Columbidae, Genus : Geopelia, Spesies : Geopelia Striata.

Merpati
Deskripsi :
Merpati Karang (Columba livia) adalah anggota dari familia burung Columbidae. Merpati Domestik adalah spesies ini, dan merpati domestik yang bebas dianggap sebagai merpati liar. Dalam pemakaian umum, burung ini sering secara singkat dinggap seperti "merpati". Spesies ini juga dikenal sebagai Dara Karang, yang merupakan nama resmi yang digunakan British Ornithologists' Union dan American Ornithologists' Union hingga tahun 2004 ketika mereka mengubah daftar resmi burung menjadi Merpati Karang.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Ordo : Columbiformes, Famili : Columbidae, Genus : Columba, Spesies : C. Livia.

Burung Unta
Deskripsi :
Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup, dengan berat burung ini 156,5 kg, tinggi 2,5 meter (8 kaki) makanan adalah tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, daun, tunas, tanaman segar, juga invertebrata atau vertebtara kecil, pada masa inkubasi selama 40 hari, dan kematangan seksualnya 3-4 tahun. Habitatnya di daerah gurun dan di kawasan savanna.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Struthioniformes, Famili : Struthionidae, Genus : Struthio, Spesies : Struthio camelus.

Tekukur
Deskripsi :
Tubuh berukuran sedang (30 cm).Warnanya coklat kemerahjambuan. Ekor burung ini tampak panjang. Bulu ekor terluar dengan tepi putih tebal. Bulu sayap lebih gelap dibanding tubuh. Ada bercak-bercak hitam putih khas pada leher.Iris jingga, paruh hitam, kaki merah.Hidup dekat dengan manusia. Mencari makan di permukaan tanah. Sering duduk berpasangan di tempat terbuka. Bila terganggu terbang rendah di permukaan tanah, dengan kepakan sayap pelan.
Klasifikasi :
Kingdom : Animalia, Filum : Chordata, Kelas : Aves, Ordo : Columbiformes, Famili : Columbidae, Genus : Stereptopelia, Spesies : S. chinensis.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter