KLONING

Klon adalah proses yang memiliki materi genetic yang serupa. dengan kata lain, untaian di dalam DNA dari organisme adalah sama.

Sebelum kelahiran dari domba dolly cloning telah diamati dari dua sisi yang berbeda. Sebagai contoh pada manusia, ketika sebuah pasangan memiliki anak kembar dua maupun tiga. Pada dasarnya anak itu mirip dengan yang lainnya. Contoh lainnya adalah sebuah tumbuhan dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah klon.

Pada tahun 1996, cloning dilakukan pada hewan dengan sel-sel embrio yang dihasilkan dari tahap-tahap perkembangan organisme.

Di tahun 1950-an para peneliti melakukan klon pada katak yang berasal dari sel-sel embrioniknya sel embrionik mulai berubah kedalam tipe-tipe yang berbeda-beda dari sel-sel organisme yang dibutuhkannya termasuk sel-sel yang membentuk otot, daging, hati dan lainnya yang dinamakan sebagai diferensiasi. Meskipun setiap sel-sel tersebut memiliki materi genetic yang sama setiap sel hanya dapat mengakses gen-gen yang dibutuhkan . sebagai contoh sebuah sel telur akan berdiferensiasi menjadi sel-sel saraf, sel-sel darah, sel-sel otot dan lainnya yang akan membentuk embrio.

Penelitian sebelumnya di institute Roslin. Klon adalah sebuah pandangan sekilas dari sel. Para ilmuan waktu itu tidak dapat menggunakan sel untuk menghasilkan sebuah organisme secara keseluruhan. Umpamanya di dalam sebuah domba sel-sel kambing dapat menghasilkan sel-sel lainnya tapi tidak secara keseluruhan.

Para ilmuan dari institute Roslin menyelesaikan masalah ini dari pertumbuhan sel-sel domba yang berada dibawah kondisi yang tak memungkinkan. Dalam hal lain, para ilmuan juga menemukan sel domba yang sama dan dinamakan go state. Pada tahapan berikutnya telur diambil dari domba lainnya dimana nucleus telah dipindahkan dari sel telur tersebut. Para ilmuan kemudian menggunakan kejutan listrik untuk menggabungkan sel domba dengan satu inti sel telur bebas. Mereka membuat 277 dari penggabungan sel tersebut. Meskipun sel telur berasal dari sebuah domba hitam, pembentukan inti dengan dengan materi genetic berasal dari domba hitam. Pembentukan inti dengan materi genetic berasal dari domba putih. Penggabungan sel telur yang dimasukkan kedalam domba hitam sebagai donor rahim. Dari 277 penggabungan sel hanya satu proses yang dapat dikembangkan dari proses cloning tersebut yang ditandai dengan lahirnya dolly pada 5 Juli 1996 dari domba hitam sebagai donor rahim. Para ilmuan menemukan bahwa dolly memiliki kesamaan DNA dari nucleus donor domba putih. Domba putih adlah klon dari sel-sel domba tersebut. Kemudian dolly melahirkan secara alami domba yang bernama bonnie.

Sebuah laboratorium dari di hawai yang dikordinir oleh Dr. Ryuzo Yanagimachi sukses mengkloning sebuah hewan dari sel dewasa. Mereka menklon tikus dari menggunakan sel cumulus. Sel tersebut dapat ditemukan di ovary. Metode cloning yang digunakan oleh laboratorium di Hawai memiliki dua cara yang berbeda dari sebelumnya dari cloning dolly. Pertama, sel-sel dari tikus yang digunakan untuk mengklon tidak mengalami perkembangan pertumbuhan, tapi digunakan dengan seketika. Kedua, inti sel dikeluarkan dari sel cumulus dan secara langsung diinjeksikan kedalam sel telur. Sel telur ini telah siap dipindahkan dimana sel cumulus berasal dari tikus coklat dan sel telur berasal dari sebuah tikus hitam. Sekarang sle telur telah memiliki kesamaan informasi genetik dari tikus pendonor inti sel. Emudian sel telur aktif & berimplantasi di dalam rahim/uterus sebuah tikus putih tanggal 3 oktober 1997 tikus putih melahirkan cumulina. Setelah sel cumulus di klon darinya. Cumulina memiliki kesamaan warna dengan tikus pendonor nucleus. DNA fingerprinting mengkonfirmasi cumulina yang memiliki kesamaan DNA dari tikus pendonor nucleus. Para peneliti mengambil sel-sel dari cumulina untuk membuat klon berikutnya. Mereka berhasil membuat beberapa generasi dari klon tersebut dan semua tikus tampak normal. Domba dolly mati pada umur 6 tahun. Sejak kelahiran dolly, beberapa hewan-hewan lainnya telah di klon. Keduanya, dolly dan cumulina adalah klon yang bersal dari sel-sel dalam sistem reproduksi betina.

Beberapa sapi juga telah dikloning menggunakan menggunakan ovary dan sel-sel cumulus dengan metode yang sama digunakan oleh dolly. Selain itu beberapa babi telah di klon.para ilmuan berharap untuk menggunakan klon babi untuk pertumbuhan orhan-organ yang dapat di cangkok ke dalam manusia.

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe Our Newsletter